Cara Pilih Asuransi Yang Tepat

Perkembangan dunia asuransi di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kini telah hadir beraneka ragam pilihan dalam berasuransi, mulai dari asuransi program Pemerintah (PBJS) sampai asuransi-asuransi swasta.

Saat ini, produk asuransi tidak hanya terbatas pada jenis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas. Dalam perkembangannya, perusahaan asuransi juga mengeluarkan berbagai macam produk yang bisa dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan nasabah yang bersangkutan. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak nasabah yang menggunakan layanan asuransi dan semakin banyak penjualan yang bisa diciptakan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diketahui bahwa perkembangan industri perasuransian di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam mendukung terjadinya proses pembangunan nasional. Dalam layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, masyarakat juga mendapatkan dukungan dalam bentuk perlindungan atas berbagai resiko dan juga kerugian yang bisa saja menimpa mereka sewaktu-waktu, terutama di saat mereka sedang menjalankan usahanya atau dalam masa-masa produktifnya. Hal ini menunjukkan betapa perkembangan asuransi juga memiliki peran yang cukup besar di dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang terjadi belakangan ini.

Sebagaimana industri lainnya, industri perasuransian di Indonesia juga memiliki sejumlah aturan dan juga perundang-undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi segala hak dan juga kewajiban masyarakat luas yang akan bertindak sebagai konsumen di dalam sebuah layanan asuransi. Pemerintah memiliki beragam regulasi yang mengatur mengenai segala sesuatu hal yang menyangkut industri perasuransian.

Banyaknya perusahaan yang bergerak di dalam bisnis asuransi menunjukkan tingginya peluang yang terdapat di dalam bisnis tersebut. Namun hal ini juga membawa dampak yang cukup baik bagi masyarakat luas, di mana mereka akhirnya memiliki pilihan yang cukup banyak dan bisa mendapatkan layanan asuransi yang paling sesuai bagi kebutuhan mereka masing-masing. Secara garis besar, asuransi di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni:

1. Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional dijalankan dengan menerapkan berbagai kebijakan bisnis modern di dalamnya, hal ini terkait dengan perhitungan dan juga berbagai lini usaha yang dijalankan oleh perusahaan. Secara umum, jenis asuransi inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas, karena pada dasarnya asuransi konvensional merupakan jenis asuransi yang pertama kali dikenalkan kepada masyarakat.

Dengan begitu, maka bisa dipastikan jika jumlah perusahaan asuransi yang menjalankan usaha di jenis asuransi konvensional akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah perusahaan asuransi yang memiliki prinsip syariah.

2. Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan layanan perusahaan asuransi yang dijalankan dengan menggunakan prinsip syariah, di mana dalam semua perhitungan dan juga berbagai macam biaya yang dikenakan di dalamnya akan dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip berdasarkan aturan syariah.

Segala aturan dan juga kebijakan di dalam asuransi syariah akan ditetapkan berdasarkan keputusan yang diambil oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dengan mengacu pada fatwa-fatwa MUI, di mana hal tersebut dilakukan untuk menjamin kehalalan dan juga kelayakan berbagai macam hal yang dijalankan di dalam perusahaan asuransi tersebut sesuai dengan ajaran Islam.

Asuransi syariah dijalankan dengan prinsip bagi hasil, di mana akan diterapkan perhitungan yang sesuai dengan ketentuan syariah. Di dalam asuransi syariah, resiko tidak dialihkan kepada perusahaan asuransi tersebut, namun akan dibagi bersama secara merata di antara para nasabah asuransi tersebut.

Karena itu, dengan keaneka-ragaman jenis dan produk asuransi dari berbagai macam lembaga atau perusahaan asuransi, para calon nasabah disuguhi berbagai pilihan yang dapat mereka ambil. Bagaimana langkah-langkah membuat pilihan yang tepat dalam menggunakan jasa asuransi ?

RAIH DENGAN TEPAT

Perhatikan Status Hukumnya

Kenali Kebutuhan Anda

Ditandai dengan:     , ,

Artikel Yang Berkaitan

Tulis Komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Yang wajib diisi bertanda *

Link Serumpun

Silahkan berkunjung ke website kami…

TERIMA KASIH

ATAS KUNJUNGAN ANDA

جَــزَكُمُ اللهُ خَيْرًا جَــزِيْلاً

solusi masa depan anda